Sejarah

Sejarah Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia (ATI- CM) dimulai dengan berdirinya dua jurusan yaitu jurusan Manajemen Industri dan Teknik Kimia. Dimana pada saat itu masih bernama Akademi Teknologi Industri Cut Meutia pada tahun 1989 dengan adanya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0838/O/1989 tertanggal 16 Desember 1989, dan memberikan status terdaftar kepada Jurusan/ Program Studi di Lingkungan Akademi Teknologi Industri Yayasan Cut Meutia  yang meliputi jurusan Teknik  dan Manajemen Industri ( program studi Teknik dan manajemen , dan program studi Sistem Produksi Industri) kemudian jurusan Teknik Kimia untuk Program D-III. kemudian pada tanggal 19 Mei 2010 dialihkan kepengurusan dan kepemilikannya kepada Yayasan Fadira Alam Mandiri yang berkedudukan di Medan dan berubah nama menjadi Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia (ATI- CM) dan masih memiliki dua Program Studi yang sama. Setelah mengalami mekanisme perubahan kepemilikan dan perubahan nama maka pada tanggal 19 Juli 2010 di kembangkan menjadi nama Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia Medan (ATI- CM).

            Perkembangan industri kimia di kawasan ini juga sangat pesat seperti pabrik kelapa sawit, pabrik kertas, kilang minyak bumi, kilang LNG dan LPG, maka setiap prodi merasa terpanggil untuk memenuhi tenaga kerja di bidang Process Engineering untuk pabrik- pabrik tersebut. Pada tanggal 29 Maret s/d 01 April 2012 Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sudah  melaksanakan Assemen lapangan ke lokasi kampus ATI- CM dan sudah Terakreditasi oleh BAN- PT. Kemudian Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia masih ingin memperbaiki sarana dan prasana kampus ATI- CM dengan mengirimkan kembali Borang Akreditasi ke BAN- PT pada tanggal 01 Juli 2013 yang lalu untuk setiap Program Studinya. pada tanggal 28 Mei 2014 alhamdulilah kedua Program Studi Kampus ATI-CM telah terakreditasi BAN PT dengan nomor SK No 151/SK/BAN-PT/Akred/Depl-III/V/2014.

Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia terus berbenah disegala aspek dimana seluruh civitas akademika bahu membahu untuk meningkatkan kinerjanya. sebagai tolak ukur kinerja terbaik yang telah ditorehkan adalah pada tahun 2015 Akademi Teknik Indonesia sebagai salah satu kampus disumatera utara yang sudah melakukan akreditasi Institusi (AIPT). pada bulan September SK Akreditasi Institusi sudah terima dari BAN-PT Jakarta dengan nomor 982/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2015 dan akan berlaku hingga bulan September tahun 2020.